Minggu, 10 Februari 2008

Anak Sering Kena Bisul.

Seorang ibu muda mengeluh anaknya yang berusia 5 tahun sering bisulan, pertama kali timbul didaerah pantat, kemudian sembuh, terus timbul baru lagi di daerah tangan, sembuh di tangan, timbul di kelopak mata, terus menerus hilang timbul sehingga ibu ini bingung, bagaimana supaya tidak timbul terus menerus.

Bisul atau Abscess adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh adanya kuman / Bacteria, jadi kuman ini masuk kedalam kulit kemudian dia bersarang didalam kulit, karena ada kuman masuk kedalam tubuh, secara otomatis tubuh akan membentuk perlindungan terhadap sikuman ini, yang berperan dalam mekanisme perlindungan ini adalah sel darah putih (Leucosite) sehingga terbentuklah bisul atau Abscess tadi.

Bagaimana kuman ini bisa masuk kedalam tubuh?, padahal kulit kan utuh, tentu ada penyebabnya sehingga kuman yang kasat mata ini dapat masuk kedalam kulit, biasanya karena kebersihan kulit yang kurang atau bisa juga karena sering digaruk sehingga kulit menjadi tidak utuh atau menimbulkan luka. Kulit yang tidak utuh atau luka ini menjadi pintu masuk bagi kuman.

Bisul yang hilang timbul dan berpindah tempat, selain bisa disebabkan karena kebersihan kulit yang kurang tadi, juga akibat perawatan terhadap bisul tadi yang kurang bersih, sehingga nanah yang keluar dari bisul dipindahkan oleh jari-jari sianak tanpa sengaja ke bagian kulit yang lain, padahal nanah yang keluar dari bisul itu mengandung kuman, atau bisa juga dengan perantara alat-alat lain yang terdapat didalam rumah seperti sprei,sarung bantal, sarung guling, handuk ,dll. Hati-hati bisul ini dapat menyerang seluruh anggota rumah terutama yang kebersihan kulitnya kurang.

Pengobatannya dengan membasmi kuman penyebab tadi, yaitu dengan obat atau salep golongan Antibiotika.


0 komentar:

Posting Komentar